August 12, 2017

PERANGKAT LUNAK


Penjelasan Perangkat Lunak Komputer (Software)
                        

Perangkat lunak (software) adalah  : program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi atau yang menjembatani pengguna komputer (user) dengan perangkat keras.

Perangkat lunak disebut juga sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras sehingga kita menghasilkan data yang kita inginkan.
Berbeda dengan perangkat keras (hardware) yang bersifat fisik misalnya CPU, Keyboard, Monitor.

Pada saat ini terdapat banyak jenis software yang dapat digunakan untuk membantu kita dalam menyelesaikan tugas-tugas kantor sekolah dll. Setiap software mempunya fungsinya masing-masing, misalnya untuk menghitung dan mengolah sekumpulan angka, membuat dokumen surat, laporan, dan makalah, membuat dan mengolah gambar, bahkan untuk membuat presentasi atau multimedia.

Perangkat lunak ini dibagi menjadi tiga golongan, yaitu :

Sistem operasi contohnya: Microsoft Windows,  Linuk, Novel, Unik, Garuda. dll
Bahasa pemrograman contohnya: Pascal, Asembler, Cobol, dll
Program aplikasi contohnya: Microsoft Office, Open Office, Word Star (WS), Dll

1. Sistem Operasi   

Software sistem operasi merupakan suatu software yang mempunyai fungsi adalah untuk mengatur semua perangkat keras komputer, menerjemahkan segala aktivitas pemakai kepada CPU agar segala yang diperintahkan oleh pemakai dapat dikerjakan oleh CPU, mengatur semua proses yang terjadi di dalam CPU. Sistem operasi juga berfungsi sebagai tempat untuk menghubungkan ke program aplikasi untuk menjalan suatu software aplikasi.

2. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman (programming language) adalah perangkat lunak untuk membuat program aplikasi  oleh programmer dan digunakan untuk merancang atau membuat aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan kita, bahasa pemrograman mempunyai himpunan atau kumpulan instruksi, statemen, struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu sendiri  .



Berdasarkan tingkatannya, bahasa pemrograman dibagi menjadi tiga, yaitu:

a) Bahasa pemrograman tingkat rendah (low level language)

Bahasa pemrograman dikenal juga dengan bahasa rakitan (Assembly) jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Bahasa Mensin itu terdiri dari bilangan biner contoh :. 1101, 01100101100110 Biasanya yang mengerti hanya pembuatnya saja karena isi programmnya berupa kode-kode mesin.
contoh :  MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP

b) Bahasa pemrograman tingkat menengah (midle level language)
Pada bahasa pemrograman tingkat menengah, penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari. Walaupun begitu, bahasanya masih sulit untuk dimengerti. Yang tergolong kedalam bahasa pemrograman tingkat menengah adalah Assembler. contoh {,}, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.

c) Bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language)
Bahasa pemrograman tingkat tinggi lebih terstruktur dan mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari. Contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah Basic, Pascal, Delphi, Portran, Visual Studio, C, C + +, ADA, Java, dll. end, if, for while,and, or dsb.

Assembler adalah program utilitas yang digunakan untuk menerjemahkan pernyataan bahasa assembly ke dalam kode mesin komputer target.
Assambler
Bahasa assembly adalah sebuah program yang terdiri dari instruksi-instruksi yang menggantikan kode-kode biner dari bahasa mesin dengan “mnemonik” yang mudah diingat. Misalnya sebuah instruksi penambahan dalam bahasa mesin dengan kode “10110011” yang dalam bahasa assembly dapat dibuat dalam instruksi mnemonik ADD, sehingga mudah diingat dibandingkan dengan angka 0 dan 1, dalam setiap instruksi membutuhkan suatu operand baik berupa data langsung maupun suatu lokasi memori yang menyimpan data yang bersangkutan. 

Bahasa assembly sering juga disebut kode sumber atau kode simbolik yang tidak dapat dijalankan oleh prosesor, sedangkan assembler adalah suatu program yang dapat menerjemahkan program bahasa assembly ke program bahasa mesin. bahasa mesin adalah kumpulan kode biner yang merupakan instruksi yang bisa dijalankan oleh komputer. Program bahasa mesin sering disebut sebagai kode objek.

3. Program Aplikasi

Program aplikasi merupakan software yang kita gunakan untuk membantu kebutuhan kita menyelesaikan tugas tertentu, seperti untuk membuat surat, mendengarkan musik, menonton VCD, menghitung sejumlah angka, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan fungsinya, program aplikasi dibedakan menjadi beberapa macam, di antaranya adalah program aplikasi pengolah kata, pengolah angka, pengolah grafis, pembuat presentasi, dan multimedia.

a. Program Aplikasi Pengolah Kata
Software ini digunakan untuk membuat suatu dokumen tertulis, seperti surat, laporan, makalah, karya tulis, dan sebagainya. Jenis-jenis software yang termasuk kedalam program aplikasi pengolah kata, di antaranya adalah Microsoft Word, Wordpad, dan Notepad Word Star. dll.

1) Microsoft Word
Microsoft Word (MS Word) merupakan program pengolah kata yang banyak dipakai saat ini. Hal ini dipengaruhi oleh faktor fasilitas yang disediakan, kemudahan dalam menggunakan, hasil yang diperoleh, tampilan yang menarik, dan berbagai alasan lainnya.


Untuk mengidentifikasi Microsoft Word di komputer kita, maka kita harus mengetahui logo shortcut (W) dari Microsoft Word, yaitu seperti gambar di bawah ini.
Microsoft Word ada berbagai versi, di antaranya MS Word 98, MS Word 2000, MS Word 2003, MS Word 2007 dan MS Word 2010. Microsoft Word memiliki bermacam-macam fasilitas yang dapat digunakan untuk mengolah kata. Selain itu, Microsoft Word juga dapat digunakan untuk keperluan lain.

Kegunaan Microsoft Word di antaranya adalah digunakan untuk keperluan berikut:

a) Mengetik berbagai jenis surat, makalah, dan proposal.
b) Membuat jadwal pelajaran atau jadwal kegiatan.
c) Membuat daftar belanjaan.
d) Membuat tabel, grafik, diagram, dan gambar.

2) Wordpad / Notepad
Wordpad juga merupakan program aplikasi pengolah kata. Fasilitas pengolah kata yang tersedia pada Wordpad lebih sederhana dari Microsoft Word.
 
 Beberapa kegunaan Wordpad adalah untuk keperluan berikut:

a) Membuat catatan sederhana yang akan disimpan dalam file.
b) Membuat artikel (bergambar atau tidak).
c) Membuat bahasa pemograman.

b. Program Aplikasi Pengolah Angka
Software ini digunakan untuk membuat dokumen tertulis berupa laporan atau neraca keuangan, membuat grafik, menghitung sederetan angka, mengolah angka secara statistik, dan sebagainya. Jenis-jenis software yang termasuk ke dalam program aplikasi pengolah angka, di antaranya adalah Microsoft Excel dan Calculator.

1) Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja (spreadsheet) yang berfungsi sebagai pengolah angka. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik. Microsoft Excel banyak digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data.

Kegunaan dari Microsoft Excel adalah untuk keperluan berikut:

a) Membuat rencana anggaran biaya.
b) Membuat laporan keuangan.
c) Mengolah sekumpulan data, seperti mencari rata-ratanya, jumlahnya, dan sebagainya.
d) Menampilkan data dalam bentuk diagram atau grafik.

2) Calculator
Program aplikasi pengolah angka yang lainnya adalah Calculator. Program aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan kalkulator biasa, yaitu untuk melakukan perhitungan angka-angka, seperti menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, menarik akar pangkat dua, dan sebagainya.



c. Program Aplikasi Pengolah Gambar
Software ini digunakan untuk melakukan pengeditan suatu gambar, mengubah resolusi, membuat gambar, dan segala hal yang berhubungan dengan gambar. Jenis-jenis software yang termasuk ke dalam program aplikasi pengolah gambar adalah Adobe Photoshop, Paint, dan Corel Draw.


Print Friendly and PDF

No comments:

Post a Comment