September 01, 2017

Cara Menampilkan Toolbar Pada Microsoft Word

Menampilkan Toolbar

Pada MS Office di kenal dengan Ribbon, yaitu komponen yang mengandung menu bar dan toolbar yang telah diatur dalam tab.

Pengaturan standar pada lembar kerja Microsoft Word 2007 untuk Toolbar atau menu yang berisikan berbagai tool sudah ditampilkan dan siap digunakan dalam pembuatan suatu dokumen.  Dalam kepentingan tertentu toolbar dapat disembunyikan atau diminimalkan (minimize), tetapi terkadang terjadi karena kesalahan, ketidaksengajaan atau ketidaktahuan penggunanya sehingga tampilan Ribbon toolbar menjadi seperti gambar 1 di bawah ini :




Gambar : 1

Pengaturan seperti di atas jelas menjadi kesulitan tersendiri ketika digunakan oleh pengguna yang belum familiar dengan pengaturan tersebut, karena tool yang akan digunakan tersembunyi, 
sedangkan pengguna harus memilih menu pada toolbar, setelah itu baru muncul submenu yang berisi tools yang dibutuhkan dan ketika kembali pada lembar kerja maka secara otomatis toolbar akan tertutup kembali.

 Cara menampilkannya kembali ikuti langkah sederhana berikut :
Arahkan kursor mouse pada salah satu Tab Menu pada Toolbar, misalnya klik Tab Menu Home, kemudian klik kanan maka akan muncul menu properties bar pilih Minimize The Ribbon seperti dutunjukkan pada gambar 2 di bawah.



Gambar : 2

Terlihat pada gambar di atas menu Minimize the Ribbon tercentang aktif, itu menunjukkan tools pada Submenu toolbar diminimalkan (minimize) atau tersembunyi. Untuk menampilkannya kembali kita tinggal menonaktifkan menu Minimize the Ribbon dengan cara klik pada menu Minimize the Ribbon yang sedang aktif sehingga toolbar akan tampil seperti sediakala.seperti gambar 3 di bawah 
ini :

.



Gambar : 3

Selamat bekerja


Print Friendly and PDF

17 comments:

  1. Terima kasih sangat membantu

    ReplyDelete
  2. Thank you tutorialnyaa... Sangan membantu

    ReplyDelete
  3. Terimakasih banyak, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Mau nanya. kenapa ada dokumen yang dibuat sebelum tanggal tertentu (misal januari 2017) bisa di print booklet, dan jika dibuat setelah januari 2017 tersebut tidak bisa print booklet.
    Jika file lama sebelum 2017 di edit dan disimpan sebagai tanggal setelah 2017 tetap bisa print.

    ReplyDelete
  5. Makasih ini bermanfaat banget buat saya

    ReplyDelete